Friday, January 26, 2007

Organisasi yang mampu menghasilkan pahlawan 2

Organisasi yang mampu menghasilkan pahlawan (bagian 2)

Oleh; wishnu iriyanto

Prinsip acuan;

Orang orang luarbiasa hanya bisa dihasilkan oleh cara cara dan konsistensi luarbiasa (wishnu iriyanto)

Setiap sabtu, saya dipercaya oleh council di Melbourne (city) utk meng-organise permainan catur untuk umum. Tinggi pion catur-nya saja setidaknya 50cm, dan lokasi permainan catur ini terletak di pojoknya lt.collins st dan swanston st.

Siapapun boleh bermain disana selama mau antri dengan tertib dan menunggu giliran untuk menggantikan mereka yang kalah, sementara pemenangnya, bisa terus bermain melawan penantang baru sampai akhirnya pada suatu saat dia dapat dikalahkan oleh lawannya.

Karena lokasi permainan catur ini terletak dipinggir jalan yang sangat ramai, maka baik penonton maupun antrian pemainnya selalu mem-bludak.

Karena permainan catur ini, saya berkenalan dengan seseorang turis dari Israel yang masih muda. Dia pemain catur yang sangat bagus dalam bertahan dan luarbiasa ulet dipermainan akhir.

Sesudah permainan catur, kami saling bertegur-sapa, berkenalan dan minum kopi sama sama. Nama turis dari Israel ini adalah joe (joseph).

Saya bertanya banyak mengenai dirinya dan latar belakang profesi-nya di Israel.

Joe berlatar belakang lulusan setingkat SMU dan sebelum melanjutkan ke college, dia masuk kedalam wajib militer selama 3 thn.

Selama saya bercakap cakap dengan joe ini, saya mendapati bahwa sebetulnya dia adalah pribadi yang sangat humanis, sangat membenci peperangan, kekerasan dan semua aktivitas yang bertujuan untuk menumpahkan darah, tapi justru ironisnya dalam wajib militer, dia justru terpilih untuk masuk ke dalam kesatuan yang berhubungan dengan bahan peledak di salah satu battalion terkenal di Israel yg bernama GOLANI.

Karena sewaktu smu saya pernah membaca kisah-kisah keberhasilan luarbiasa tentara Israel diberbagai medan tempur, seperti perang 6 hari, perang yom kippur dan terutama kisah operasi di entebe di Uganda, maka pembicaraan saya agak “nyambung” dengan dia.

Saya bertanya langsung pada joe, apakah sebetulnya yang menyebabkan tentara Israel menjadi sangat superior di medan perang bahkan dibandingkan dengan prestasi tentara dari amerika, inggris dan perancis sekalipun. (Pasukan khusus Israel diperhitungkan sebagai salah satu pasukan khusus terbaik diseluruh dunia dengan catatan keberhasilan yang mengesankan).

Si joe ini menjawab; Tentara tentara Israel sebetulnya secara perlengkapan perang, tidak lebih unggul dibanding tentara tentara dari amerika dan inggris, tapi apa yang membuat tentara Israel menjadi sangat disegani dimedan perang ialah karena hal yang sangat sederhana yaitu setiap tentara Israel di berbagai bidang melewati pelatihan yang paling berat didunia, paling intensif, dan paling beresiko kehilangan nyawa.

Ketika saya tanya, apakah kamu bisa contohkan pelatihan seperti apa yang tentara Israel lakukan sementara tentara dari amerika atau inggris tidak lakukan, si joe ini menjawab:

Di angkatan bersenjata Israel, ada satu bagian khusus yang tugasnya selalu meneliti cara cara pelatihan yang dilakukan oleh berbagai tentara diseluruh dunia dan membuat laporan setiap tahunnya.

Setelah hasil penelitian dari seluruh dunia tersebut dikumpulkan dan dirangkum, maka bagian khusus ini akan memilih dan merekomendasikan kepada para pemimpin angkatan bersenjata, pelatihan pelatihan jenis mana yang dianggap paling berat, efektif dan berguna untuk kemudian di-copy kedalam sistem pelatihan militer mereka dengan tidak lupa MENAMBAHKAN BEBAN EXTRA SETIDAKNYA 50% LEBIH BERAT.

Itulah salah satu alasan utama kenapa kualifikasi tentara-tentara Israel diperhitungkan sebagai salah satu tentara terbaik didunia, menurut kenalan saya yang bernama joe ini.

Dalam hati saya berpikir, tidak heran kalau angkatan bersenjata (organisasi) negara kecil ini secara konsisten bisa menghasilkan tentara luarbiasa, wong tekanan dan cara cara pelatihannya juga luarbiasa.

----------------------------------------------------------

Beberapa tahun lalu, saya pernah berkenalan dengan seorang pemilik usaha bengkel las di Jakarta timur. Setelah ngobrol ngalor-ngidul kemana mana, saya mendapati bahwa si om ini mempunyai 2 orang anak yang sangat berhasil di bidang akademik. Anak tertua kuliah di ITB dan anak bungsu masih duduk di bangku sekolah SMU yaitu di SMU Theresia.

Sepanjang yang saya simak dari cerita om ini, si om membanggakan kalau anak-anaknya SELALU merupakan siswa/siswi terbaik dari SD sampai kuliahnya.

Karena kebetulan saya sudah berkeluarga, maka cerita ini menjadi menarik untuk saya. Maka saya tanpa malu-malu, bertanya secara langsung pada si om, apa yang menjadi rahasia keberhasilan dalam mendidik anak anaknya untuk berhasil dalam akademik.

Si om, membagikan satu dari beberapa tips rahasia-nya.

Si om ini mengadopsi cara didikan turun-temurun di keluarga-nya dari jaman di tiongkok dulu yaitu pada saat anak-anaknya menginjak umur 9 tahun, dia membangunkan sendiri anaknya tepat jam 3.30 dini hari untuk belajar.

Pada awalnya, setiap anak anak itu menangis dengan keras pada saat dibangunkan dan disuruh belajar, walau tidak ada PR.

Tapi si om ini tidak terpengaruh sama sekali dan tetap menerapkan disiplin ala nenek moyangnya terhadap keturunan keturunannya.

Apabila anak anak itu suatu ketika menolak untuk bangun karena alasan mengantuk, maka si Om ini membasahi handuk kecil dengan air dingin, lalu mengusap usapkan handuk basah dan dingin itu ke muka anak anaknya, sampai anak tersebut tidak mengantuk lagi.

Karena beberapa alasan, om ini percaya kalau belajar dini hari jauh lebih efektif dari sore atau malam hari.

Untuk membangun kebiasaan belajar pagi pada setiap anak, si om ini selalu menemani setiap anak selama 3 tahun TANPA SEKALIPUN alpa. Barulah sesudah 3 tahun, si om ini tidak lagi membangunkan atau mengontrol lagi, karena kebiasaan bangun pagi dan belajar pagi sudah menjadi kebiasaan yang melekat kuat pada tiap tiap anak.

Ketika saya tahu bahwa selisih umur antara anak pertama dan kedua adalah 3 tahun, maka saya langsung mengkalkulasi di otak saya bahwa selama 6 tahun berturut turut, si om secara konsisten juga ikut bangun pagi dan ikut mendisiplinkan dirinya pada saat yang sama.

Dalam hati saya berpikir, tidak heran kalau keluarga (organisasi) si om secara konsisten bisa menghasilkan anak anak luarbiasa secara akademik, wong konsistensi dari si om ini juga luarbiasa kok.

Every generation should live better than the last

- Siapa menolong anak anak yang kurang beruntung diluar sana, dia sudah menghutangi TUHAN -

Wishnu Iriyanto

Managing Director

FUTURE education (agent sekolah ke luar negeri)

&

FUTURE English (kursus bergaransi TOEFL 580/ IELTS 6.5 dengan angka keberhasilan 100%)

Kelapa gading; 021 4585 1123

Kuningan; 021 5200 883

Mega mall; 021 668 3847

Pasar baru; 021 351 8116

Semarang; 024 761 0900

Pekan baru; 0761 44109

No comments: